Searching...

Popular Posts

Friday 20 July 2012

Cara Membuat Breadcrumb Agar Blog Lebih SEO Friendly

01:56
RealFact-Sohib ingin blog yang Sohib buat gampang di temukan sama Eyang Google? Sebuah pertanyaan yang sudah dapat di ketahui jawabannya secara pasti yaitu "iya". Blogger mana yang tidak ingin Blognya sering di sarankan oleh Eyang Google untuk para pencari informasi. Para sesepuh Blogger banyak memperbincangkan dan memberikan petuah tentang hal ini yang dalam bahasa kerennya biasa di sebut "Blog SEO Friendly".

 Untuk membuat Blog menjadi SEO Friendly para pakar Blogger banyak menelurkan trik-trik jitu dan hebatnya lagi mereka membagikannya secara gratis kepada Sohib semua. Sohib dapat mencarinya pada tutorial blogger yang banyak di temukan dalam berbagai macam tutorial baik blog yang bertema Blogspot, Wordpres ataupun Website berbayar. Salah satu hasil pemikiran mereka adalah tentang pemasangan widget Breadcrumb agar Blog lebih SEO Friendly.

  Breadcrumb? Kok nama makanan?. Kenyataannya memang demikian, Breadcrumb bila di artikan secara harfiah adalah remah roti. Entah bagaimana cerita awalnya, mengapa bisa digunakan istilah ini untuk tutorial SEO, sebetulnya istilah ini tergolong istilah "Jaka Sembung" atau tidak nyambung, hehehe... Namun apapun alasannya pasti para Pakar mempunyai latar belakang terhadap penggunaan istilah ini.

  Fungsi dari Breadcrumb sendiri adalah merupakan bantuan navigasi yang di gunakan dalam User Interface, sehingga akan mempermudah navigasi sebuah halaman blog ataupun web. Pemasangan Breadcrumb sangat di sukai oleh robot Eyang Google karena dengan pemasangan Breadcrumb akan mempurmudah robot Google melakukan crawl terhadap halaman web atupun blog. Selain itu widget ini juga akan mempermudah bagi User web/blog untuk melakukan navigasi. Fungsi lain dari Breadcrumb ini juga akan mempermudah bagi pengunjung blog Sohib untuk menemukan katagori artikel yang sedang di baca termasuk dalam katagori apa?. Breadcrumb juga akan menambah Blog Sohib jadi rapi dan cantik dan terkesan di kelola secara profesional.


Pemasangan Breadcrumb sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Kenapa demikian? Erat kaitannya dengan SEO terutama SEO onpage maka pemasangan Breadcrumb lebih awal akan memudahkan bagi Google untuk mengindex wen/blog Sohib.

Contoh Navigasi Breadcrumb


Cara Pemasangan Breadcrumb

  Cara pemasangan Breadcrumb ini sebetulnya tergolong sangat mudah, hanya di butuhkan beberapa langkah dan ketelitian dari Sohib semua. Tentang cara pemasangan Widget ini juga sudah banyak di bahas dalam web/blog lain, walaupun dengan bahasa yang berbeda namun dengan tujuan yang sama yaitu membuat Blog/Web agar lebih SEO Friendly. Untuk cara pemasangannya silahkan Sohib ikuti tutorial saya kali ini:
  1. Siapkan Blog yang akan di tanamin Breadcrumb
  2. Log In dengan menggunakan Account Google Sohib
  3. Jika sudah terbuka halaman Dashboard silahkan klik pada tab template
  4. Setelah terbuka halaman template Blog Sohib,  Click Download Full Template and please back up your template first. Untuk menghindari bila sewaktu-waktu ada kesalahan.
  5. Centang kotak kecil di sebelah Expand Template Widget, untuk mempermudah mengembalikan template Sohib jika terjadi kesalahan pada saat pemasangan Widget ini.
  6. Cari kode ]]></b:skin>   Untuk mempermudah pencariannya gunakan Ctrl+F, 
  7. Copy pastekan ]]></b:skin> pada Box Find, secara otomatis komputer Sohib akan mencari kode tersebut pada Template yang akan di edit.
  8. Letakkan Kode di bawah ini di atas kode ]]></b:skin>
_______________________________________________________________________

.breadcrumbs {
padding:5px 5px 5px 0;
margin:0;font-size:95%;
line-height:1.4em;
border-bottom:4px double #e2e7b4;
}
.breadcrumbs a {
text-decoration:none;
color: #000000;
}

_______________________________________________________________________


  • Langkah selanjutnya adalah cari kode <div class='post hentry'>. Untuk mempermudah pencarian silahkan lakukan cara yang sama seperti di atas yaitu dengan menggunakan Ctrl+F dan seterusnya. Copy lalu paste kode di bawah ini persis di bawah kode <div class='post hentry'>

_______________________________________________________________________
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'> <b:else/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <div class='breadcrumbs'><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Ganti Dengan Kata Kunci Utama Blog</a> &#187; <b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'> <a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a> <b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> , </b:if> </b:loop> </b:if> &#187; <data:post.title/> </div> </b:if> </b:if>
_______________________________________________________________________
  • Pemasangan Widget Breadcrumb telah selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah Save Template
  • Lakukan pengecekan dengan  klik pada tab pratinjau, untuk mengetahui Breadcrumb udah muncul di bawah header Blog sohib atau belum? Jika belum muncul silahkan di kaji ulang tentang urut-urutan pemasangannya.
Jika Sohib menemui permasalahan saat pemasangan, silahkan sampaikan pertanyaan Sohib pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaan, tetap berkarya akan semakin membuat anda dewasa


0 comments:

Post a Comment