Searching...

Popular Posts

Thursday 19 July 2012

Cara Mudah Pasang Related Post Pada Blog

23:36
RealFact-Salah satu cara meningkatkan jumlah pembaca artikel yang di posting, adalah dengan cara memberikan informasi tentang artikel yang mempunyai hubungan atau mempunyai tema yang sama dengan tema yang baru saja di baca. Biasanya pembaca akan sangat suka apabila Sohib menawarkan artikel yang sama atau se-tema dengan artikel sebelumnya. Orang yang punya perasaan ingin tahu terhadap sebuah persoalan pasti akan berusaha untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terhadap persoalan tersebut. Untuk itulah keberadaan Related post yang di  pasang pada bagian bawah postingan atau di samping posting akan sangat berguna bagi Sohib untuk memberikan navigasi terhadap pengunjung Blog Sohib.

Hampir setiap halaman website memasang fasilitas ini, atau minimal terpasang widget yang sama untuk mempermudah bagi pengunjung untuk mendapatkan artikel baru yang masih mempunyai kaitan yang sama. Sohib dapat melihat Related Post ini di website-website besar seperti di Republika Online, Kompas, Detik.com dan masih banyak lagi. Terbukti keberadaan Related Post sangat membantu untuk meningkatkan trafic bagi website-website tersebut. Tampilan Related post biasanya seperti gambar di bawah ini: 



Ada banyak bentuk -bentuk widget related post, Sohib dapat membaca pada tutorial lain yang membahas tentang masalah ini, beberapa di antaranya di tambah fasilitas thumbnail yang cantik. Dalam Tutorial kali ini Blog Expresi Jaman akan memberikan tutorial ini, sengaja saya pilihkan widget yang ini karena di samping cara pemasangannya yang mudah, widget ini tergolong widget yang ringan sehingga tidak akan terlalu membebani loading Blog Sohib. Silahkan Sohib ikuti tutorialnya, sebagai catatan silahkan ikuti setiap tutorial yang saya sampaikan secara detail agar tidak terjadi kekeliruan pemasangan.

 Cara Pemasangan Widget Related Post
  Langkah-langkah pemasangannya adalah sebagai berikut:


  1. Log in ke blog  dengan aku sahib
  2. Setelah terbuka halan Dashboard silahkan Klik pada Tata letak
  3. Klik Edit HTML
  4. Setelah terbuka halaman script HTML Blog Sohib, centang kotak kecil di sebelah kanan Expand Widget Template. Perlakuan ini akan membantu Sohib untuk mengembalikan template pada kondisis emula apabila terjadi kesalahan pemasangan, sehingga Blog Sohib tidak kacau.
  5. Cari kode </head>, untuk mempermudah mendapatkan kode tersebut silahkan tekan Ctrl+F setelah muncul Box Find, copy pastekan kode </head> secara otomatis system di dalam komputer Sohib akan menemukan kode tersebut di dalam template yang akan Sohib edit.
  6. Letakkan kode di bawah ini di atas atau sebelum kode  </head>  Catatan: Sohib dapat mengganti Artikel Terkait yang saya cetak tebal warna biru sesuai dengan keinginan Sohib.
__________________________________________________________________________



<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style>
#related-posts {
float:center;
text-transform:none;
height:100%;
min-height:100%;
padding-top:5px;
padding-left:5px;
}
#related-posts .widget{
padding-left:6px;
margin-bottom:10px;

}
#related-posts .widget h2, #related-posts h2{
font-size: 1.6em;
font-weight: bold;
color: black;
font-family: Georgia, &#8220;Times New Roman&#8221;, Times, serif;
margin-bottom: 0.75em;
margin-top: 0em;
padding-top: 0em;
}
#related-posts a{
color:blue;
}
#related-posts a:hover{
color:blue;
}
#related-posts ul{
list-style-type:none;
margin:0 0 0px 0;
padding:0px;
text-decoration:bold;
font-size:15px;
text-color:#000000
}
#related-posts ul li{
background:transparent url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizOb95AhKaI76u0cTQbxXhPkwHFGLKDBgo_XCqLCnMIb8ghhOF2GlVpRpzD0mHKuCU9J1hDVJsExS3RRmv3-tPNu-sq1XzSc_fQgodGm4KXE2JB14odLq7InYjhyphenhyphenF-BZD4RO71FYXaIko/s200/greentickbullet.png) no-repeat ;
display:block;
list-style-type:none;
margin-bottom: 13px;
padding-left: 30px;
padding-top:0px;}
</style>
<script type='text/javascript'>
var relatedpoststitle="Artikel Terkait";
</script>
<script src='http://blogergadgets.googlecode.com/files/related.js' type='text/javascript'/>
</b:if>

____________________________________________________________________________________

      7.Langkah selanjutnya adalah, Sohib cari kode <data:post.body/> caranya masih sama dengan cara yang saya sampaikan di atas yaitu dengan menggunakan Ctrl+F dan lakukan seperti instruksi di atas

       8.Setelah kode <data:post.body/> Sohib temukan, letakkan kode  berikut ini di bawah atau setelah kode <data:post.body/>


_________________________________________________________________________

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='related-posts'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=15&quot;' type='text/javascript'/></b:if></b:loop>
<script type='text/javascript'>
var currentposturl=&quot;<data:post.url/>&quot;;
var maxresults=5;
removeRelatedDuplicates(); printRelatedLabels();
</script>
</div>
</b:if>


_________________________________________________________________________


     9.Langkah terakhir adalah Save Template
Sebelum di tutup silahkan Sohib kilk pada menu "Pratinjau" untuk mengetahui hasil dari pemasangan Related Post ini. Sohib bisa berfikir Related Post yang terpasang sudah sesuai dengan harapan apa belum?

Selamat mencoba dan tetap berkarya, Orang yang berhasil adalah orang yang selalu berusaha untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.






0 comments:

Post a Comment