Searching...

Popular Posts

Saturday 21 July 2012

Membuat Template Agar SEO Friendly Dengan Me-nonaktifkan Fungsi Arsip

08:22

RealFact- Untuk membuat Blog agar lebih SEO Friendly ternyata ada beberapa fitur bawaan Blogspot yang harus di buang. Apa fitur tersebut? Fitur tersebut adalah fitur Archive atau arsip. Kenapa harus di buang? Beberapa pertanyaan di sampaikan oleh teman-teman Blogger kepada RealFact, Tim SEO  Realfact-pun berusaha menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sebetulnya itu adalah berkaitan dengan Duplicate Content yang sangat tidak di sukai oleh Eyang Google.

Penjelasan atas masalah tersebut adalah bahwa setelah Google merubah sistem Search-nya yang sangat mengutamakan original content, maka Duplicate Content yang terjadi sebagai akibat pemasangan Widget Bawaan Blogspot yaitu Archive menjadi masalah terhadap keaslian Content, karena dengan pemasangan widged Archive secara otomatis akan menyebabkan terjadinya Duplicate Content dalam Blog itu sendiri. Pertanyaannya adalah Mengapa Google tidak mnghapus saja fasilitas tersebut, jika dengan pemasangan Archive akan menyebabkan Duplicate content? Sampai tulisan ini di buat RealFact belum menemukan jawabannya, Mungkin Sohib punya jawaban dapat Sohib Share kepada RealFact dan teman-teman yang lain di kolom Komentar.

Kebijakan baru Google tersebut yaitu dengan menerapkan sistem pencarian yang baru membuat para webmaster memeras otak untuk mengatasi masalah ini. Hal ini harus di sikapi secara serius karena hingga saat ini untuk masalah Search Engine yang paling mampu mengakomodasi Searching hanya Google. Search Engine yang satu ini mampu memberikan hasil yang optimal dan akurat dan paling banyak di gunakan oleh pengguna Internet di seluruh dunia.

Salah satu Update yang dilakukan oleh Google larangan larangan Duplicate Content sebagaimana yang sudah RealFact sampaikan di atas tadi. Kebijakan ini berakibat pada beberapa fitur dalam web maupun blog justru menjadi penyebab duplicate content itu sendiri. Salah satunya adalah fitur Archive. Para Blogger dan webmaster akhirnya harus beradaptasi dengan Update Google ini. Perlu Sohib ketahui, fungsi dari fitur archive ini ternyata menghasilkan duplicate content. Karena fitur archive ini kan menghasilkan link baru untuk postingan artikel Sohib.Umumnya link duplicate dari fitur archive adalah seperti ini:


http://realfact.blogspot.com/2011_30_11_archive.html.


Pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak Sohib Mengapa duplicate content dilarang? Ada banyak alasan atas larangan duplicate content ini dan akan RealFact bahas pada artikel selanjutnya. Fokus kita saat ini adalah menghilangkan fitur Archive untuk menghindari "tuduhan" Google bahwa kita termasuk Copypaster. Dengan link yang berbeda maka sebuah artikel tersebut akan dianggap oleh robot Google sebagai artikel hasil copy paste karena artikel yang sama berada pada link yang berbeda. Atau dengan pemasangan Fitur Archive dapat di artikan melakukan copy paste terhadap artikel sendiri kedalam blog yang sama.

Penjelasannya adalah sebagai berikut:
Misalnya Sohib membuat sebuah blog di blogger.com. kemudian membuat 3 posting, dengan frekwensi pembuatan 1 posting setiap hari. Maka sebenarnya pada  halaman utama atau homepage Sohib, akan terdapat 3 buah posting dan  sebuah link arsip seperti ini: http://BLOGSOHIB.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, pada halaman arsip tersebut akan memunculkan 3 posting yang sama dengan yang di munculkan oleh homepage, hal ini akan mengakibatkan 2 buah link akan menuju pada 2 halaman yang berbeda tapi memiliki isi konten yang sama. Aturan baru Robot Google hal ini tidak dapat diterima, dan tetap di anggap sebagai Duplicate Content. Untuk menghilangkan akibat tersebut maka Sohib harus me-nonaktifkan fungsi Archive/Arsip.


Solusi Atas Masalah Tersebut
Lalu solusinya bagaimana? Karena biang keladinya adalah masalah Fitur Archive maka satu-satunya jalan adalah menon-aktifkannya. caranya:

Cara pertama:

Setelah login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai simpan setting.


Cara Kedua:

  1. Log in ke blog  dengan aku Sohib
  2. Setelah terbuka halan Dashboard silahkan Klik pada Tata letak
  3. Klik Edit HTML
  4. Setelah terbuka halaman script HTML Blog Sohib, centang kotak kecil di sebelah kanan Expand Widget Template. Perlakuan ini akan membantu Sohib untuk mengembalikan template pada kondisis emula apabila terjadi kesalahan pemasangan, sehingga Blog Sohib tidak kacau.
  5. Cari kode <head>, untuk mempermudah mendapatkan kode tersebut silahkan tekan Ctrl+F setelah muncul Box Find, copy pastekan kode <head> secara otomatis system di dalam komputer Sohib akan menemukan kode tersebut di dalam template yang akan Sohib edit.
  6. Letakkan kode di bawah ini di bawah kode   <head> tadi

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>





Terakhir Save Template  Sekarang Fungsi Archive sudah di matikan.
Selamat mencoba dan jangan sungkan-sungkan untuk berbagi ilmu kepada siapa saja, kita di kenang orang karena dua hal yaitu tentang kebaikan dan keburukan kita.







0 comments:

Post a Comment