Searching...

Popular Posts

Sunday 22 July 2012

Cara Mendaftarkan Web Atau Blog Ke Google

09:00

RealFact-Tak kenal maka tak sayang, pepatah itu sering kita dengar untuk menggambarkan bahwa terjadinya hubungan sayang harus di mulai dari proses perkenalan dulu. Pepatah itu juga berlaku untuk Blog yang Sohib bikin. Tanpa upaya mengenalkan Blog/Web kepada Eyang Google maka akan sulit Blog Sohib di sayang sama Eyang Google.
Penting sekali mengenalkan Blog/Web kepada Google, karena seperti kita ketahui bersama bahwa hampir seluruh pencari informasi via internet di seluruh dunia menggunakan Google sebagai sarana pencariannya. Untuk mengenalkan Web/Blog kepada Google, langkah pertama yang harus Sohib laukan adalah melakukan verifikasi kepada Google. Caranya tidak terlalu sulit kok, silahkan ikuti tutorial RealFact berikut ini:


1.Silahkan masuk ke link verivikasi,untuk mempercepat  klik saja  disini
2.Setelah itu,masukkan url blog Sohib pada box yang sudah di sediakan, lalu masukkan kata verivikasi pada box Captcha kurang lebih bentuk katanya seperti ini:




 setelah Sohib menuliskan kata yang biasanya terdiri dari dua kata selanjutnya adalah klik Submit Request


Setelah permintaan verifikasi selesai , sekarang lanjutkan pada langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan web/blog Sohib ke webmaster tools google  caranya sebagai berikut:


1.Masuk ke link ini klik disini , setelah itu silahkan masuk dengan akun gmail milk Sohib untuk login.
2.Klik tab add site.Setelah itu masukkan alamat situs blog sobat tanpa diawali dengan http:// atau www.
Contoh: belajarall.blogspot.com,lalu klik continue...




3. Kemudian pada halaman Verification status, ( untuk blogspot biarkan pemilihan pada Meta Tag . red ). Salin / copy semua tulisan <meta name="google-site-verification" dst.. dgn cara pilih klik kanan mouse copy.




5. Langkah selanjutnya adalah Login / masuk pada blog Sohib ( blogger.com ), kemudian dalam halaman Template, pilih >> tabEdit Html. masukan dan simpan meta name verifikasi yang tadi kita copy setelah tag :  <title><data:blog.pageTitle/></title> 
Contoh dalam HTML Script seperti ini:








Setelah beres silahkan klik tombol >> Save Template / Simpan Perubahan


6. Kembali ke halaman google webmaster tool. kemudian klik tombol Verify, untuk mengkonfirmasi pendaftaran.


7.  Jika berhasil ter Verifikasi maka Sohib akan masuk pada halaman Dasboard .


Submit A Sitemap
Setelah blog kita terverifikasi, langkah selanjut mensubmit sitemap / peta situs blog kita. Untuk blogspot sitemapnya tidak serumit blog lain.
Untuk mensubmit sebuah sitemap dalam halaman dasboard cari tulisan Sitemaps kemudian klik link tulisan Sumbit a Sitemap.

submit a sitemap  
Setelah itu pada halaman sitemaps klik tombol Add a site, dan masukan kode ini pada kotak isian >>Submit Sitemap
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
atom sitemaps
Keyword Dan Keterangan Blog
Keyword atau kata kunci merupakan bagian dari penjelasan di atas. Walaupun menurut sebagian master SEO. google dan search engine lainnya sudah tidak mendata lagi informasi dengan bantuan keyword yang ada pada sebuah situs web/blog.
Untuk penjelasan lebih detail Sohib dapat mendownload pada file Pdf panduan Google pada link ini   Search Engine Optimization – Starter Guide pdf “. dalam File Pdf tersebut Sohib akan mendapatkan penjelasan secara rinci tentang hal tersebut.
Sedangkan untuk menyimpan atau menambah meta keyword dan meta description, tambahkan saja kode berikut ini, di bawah kode verifikasi yang sudah saya sampaikan di atas.

<meta content='ISI DESCRIPTION ' name='description'/>
<meta content='ISI KEYWORDS ' name='keywords'/>
<meta content='ISI AUTHOR NAME' name='author'/>
<meta content='index,follow' name='robots'/>
 
Selamat mencoba, keberhasilan akan di peroleh dari sejauh mana kita mampu bersikap tangguh dalam menghadapi setiap proses yang di jalani







0 comments:

Post a Comment