Searching...

Popular Posts

Monday 10 December 2012

Kopi Termahal Di Dunia Ternyata Berasal Dari Kotoran Gajah

23:53
Jika di Indonesia kita mengenal kopi yang di fermentasi melalui perut Luwak beda halnya di Thailand, di negara gajah putih ini justru memanfaatkan gajah untuk melakukan hal yang sama. The Canadian Blake Dinkin menghabiskan biaya lebih dari $ 300.000 untuk menciptakan sebuah jenis khusus kopi . Di bukit-bukit subur di sebelah utara Thailand, perusahaan ini menggunakan 20 ekor gajah untuk mengekskresikan biji kopi menjadi kopi paling mahal di dunia .

Prosesnya sama dengan yang dilakukan di Indonesia, untuk membuat kopi luwak sebuah perusahaan kopi ternama membuat peternakan luwak yang di beri makan kopi yang sudah masak, untuk kemudian kotorannya yang masih berupa kopi utuh diproses dan dimasak untuk dijadikan kopi bubuk yang sangat  nikmat. Di Thailand juga dilakukan hal yang sama namun "aktornya" adalah gajah, menurut pembuatnya kopi yang dihasilkan dari kotoran gajah rasanya jauh lebih nikmat daripada kopi biasa. Proses fermentasi kopi didalam perut gajah membuat kopi tersebut mempunyai taste yang tak tertandingi rasanya. Kopi yang di hasilkan dari perut gajah ini juga dibandrol dengan harga yang sangat tinggi bahkan menjadi kopi yang paling mahal di dunia, harganya mencapai $ 1.100 per kilogram.

Di Indonesia kopi yang berasal dari kotoran luwak tersebut diberi nama kopi luwak, namun belum ada informasi yang saya peroleh kopi kotoran gajah ini di Thailand di beri nama kopi Gajah atau bukan. Ada yang mau mencoba...?










0 comments:

Post a Comment