Searching...

Popular Posts

Monday 19 November 2012

Cara Meningkatkan Alexa Rank (Pengalaman Pribadi)

23:16
Ini adalah pengalaman saya dalam menurunkan Alexa Rank dari 6 jutaan menjadi 412 981 (Saat artikel ini saya tulis rank alexa saya 412. 981) dalam jangka waktu 5 bulan. Saya tidak tahu ini pengalaman baik atau bukan karena tidak ada barometer waktu yang pasti terhadap standar waktu yang di tentukan untuk menurunkan angka alexa rank. Bagi saya ini adalah prestasi yang cukup bagus yaitu menurunkan Rank Alexa dengan drastis dalam jangka waktu 5 bulan, menurut saya cukup drastis karena dalam blog saya yang lain untuk mendapatkan rank di angka 1 jutaan saya butuh waktu hampir dua tahun itupun masih di angka 1 juta lebih.

Dalam tulisan ini saya mau berbagi kepada anda semua tentang bagaimana cara saya melakukan ini (menurunkan alexa rank) menurut pengalaman saya, saya berharap semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Blog ini saya buat pada tanggal 19 Juli 2012 kalau tidak salah pada saat permulaan bulan Ramadhan, sebetulnya lebih di latar belakangi oleh "provokasi" sahabat-sahabat Blogger dalam artikel-artikel mereka, dimana ketika saya berusaha untuk mencari jawaban tentang penyebab susahnya alexa rank meningkat mereka banyak "memfatwakan" agar blog yang di buat berisi artikel karya sendiri dan bukan hasil copy paste. Dari situlah saya termotivasi untuk membuat blog dengan tulisan saya sendiri, sambil berkata di dalam hati ayoooo kamu bisaaa...!!!!

Dengan modal seadanya dan pengetahuan seadanya saya memulai membuat beberapa posting, dengan bahasa yang agak kaku dan sedikit memalukan, maklum sekolah aja paling tinggi cuman pakai celana abu-abu (maksudnya SMA) jadi gaya tulisannya tak seindah tulisan penulis novel Ayat-Ayat Cinta Mas Habiburrahman El-Shirazy. Setelah sekitar seminggu saya membuat blog ini, kurang lebih 14 posting saya daftarkan ke alexa, setelah menunggu beberapa saat akhirnya dikasih juga counter alexa dengan rank pertama saya dapat 6.762.455, hahaha... kalau itu uang bisa buat beli Blackberry Dakota.

Saya terima peringkat yang diberikan oleh Alexa dengan lapang dada sambil berfikir bagaiman caranya agar peringkat tersebut dapat diperbaiki. Masih dalam semangat membuat tulisan dengan karya sendiri, posting terus saya tambah satu demi satu dengan cara browsing foto-foto dengan bantuan Eyang Google. Sengaja saya pilih foto-foto yang cukup menarik dan menurut saya cukup diminati para pengguna internet kemudian saya upload dalam sebuah posting dengan ulasan-ulasan yang menurut saya pantas untuk dibaca.

Hampir setiap posting yang saya buat selalu saya share ke Social media sperti Lintas me, Facebook, Twitter, ke situs-situs yang menyediakan halaman forum seperti kaskus, viva vorum dan lain sebagainya. Share ke social media ternyata cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke dalam blog, alasannya adalah karena situs-situs tersebut memang tempatnya orang ngumpul dan tempatnya orang mencari berita terbaru. Untuk itu berita terbaru dan bagus pasti akan diminati oleh para pengguna social media. Hal ini dapat saya bandingkan antara artikel yang di Share di social media dengan artikel yang hanya mengandalkan kekuatan blog ternyata pengunjungnya lebih banyak yang di Share ke Social media. Ada sebuah artikel saya yang di viw hingga mencapai 503.452 kali yait pada artikel Efek Sangat Mengerikan Dari Narkoba Jenis Baru. silahkan anda lihat artikel tersebut dilike oleh hampir 5000 orang. Meskipun banyak kontroversi atas artikel ini, artikel ini cukup efektif untuk membuat artikel yang lain di view juga oleh para pengunjung Realifact

Blokwalking dan meninggalkan jejak dengan berkomentar  ternyata juga cukup berpengaruh terhadap peringkat sebuah blog di Alexa. Logikanya, dengan meninggalkan koment di blog yang dikunjungi akan membuat pemilik blog melakukan kunjungan balik ke blog yang kita miliki, dengan demikian akan bertambah jumlah pengunjung kepada sebuah blog.

Dari apa yang sudah saya lakukan ternyata dalam jangka waktu 3 bulan Alexa Rank sudah berada pada level 1 jutaan. Dan setelah masuk dalam bula ke- 5  ini memang kenaikannya agak lamban mungkin karena harus bersaing dengan ratusan ribu situs yang ada di seluruh dunia, namun setiap dua hari saya perhatikan peringkat Realifact terus naik dengan semakin berkurangnya angka counter Alexa yang saya pasang.

Tidak ada trik khusus yang saya lakukan namun dari perjalanan saya mengelola blog ini, saya akan sampaikan kesimpulannya, sebetulnaya anda dapat melihat kesimpulan dari tulisan ini dengan melihat tulisan yang saya cetak dengan huruf berwarna merah. Daripada anda harus putar lagi roda mouse komputer anda baiklah saya simpulkan saja:


  • Berusahalah membuat artikel original karya anda sendiri, jika anda kebingungan menentukan materi silahkan lakukan re-write atas tulisan orang lain. Meskipun cara ini kurang bagus tapi akan cukup bermanfaat untuk melatih cara berbahasa anda dan menuangkannya dalam sebuah tulisan. Anda juga bisa mencari foto-foto menarik kemudian berikan ulasan terhadap foto-foto tersebut sesuai dengan gaya bahasa anda. Sebetulnya akan lebih baik jika anda membuat foto-foto sendiri dengan kamera atau HP yang anda miliki.
  • Tetapkan sebuah tujuan agar anda tetap bersemangat dalam berposting, ingat sebuah pekerjaan yang tidak didasari oleh sebuah tujuan pasti akan berhenti ditengah jalan. Terus gigihlah dalam menggapai tujuan tersebut, saat moode menulis menurun bacalah artikel-artikel tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan tujuan anda.
  • Berupayalah untuk mendapatkan info terbaru dan menarik untuk di posting atau carilah tema yang di butuhkan oleh orang sepanjang waktu seperti tips, trik atau foto-foto menarik yang selalu di cari oleh pengunjung internet. Foto adalah salah satu obyek yang tidak akan lekang oleh jaman untuk di jadikan bahan posting, foto Monalisa misalnya, foto ini usianya sudah ratusan tahun sampai sekarang masih di cari oleh orang. Foto-foto peristiwa sejarah masa lampau juga cukup menarik untuk di jadikan bahan posting karena banyak orang mencari foto-foto ini untuk kepentingan riset atau sekedar ingin tahu tentang sejarah masa lampau dalam bentuk gambar.
  • Lakukan Share artikel anda ke Social media seperti Twitter, Facebook, Forum atau tempat submit artikel seperti Lintas Me, Wahoha, 2leep, Mgid dan lain sebagainya.
  • Tinggalkan komentar ke setiap Blog atau Web yang anda kunjungi, khususnya Blog/Web yang mempunyai banyak pengunjung.
Demikian sedikit pengalaman saya, semoga bermanfaat. Saya yakin tulisan ini masih sangat jauh dari sempurna baik cara penyajian, isi dan kebenarannya. Jika berkenan silahkan berikan masukan kepada saya agar bisa lebih baik lagi dalam ber-blogging dengan meninggalkan komentar di bawah postingan ini.









0 comments:

Post a Comment